Tips Dalam Bulan Ramadhan

Written By Teguh Fila on Saturday, September 15, 2007 | Saturday, September 15, 2007

Alhamdullilah gw masih bisa ngasih posting kali ini dan juga gw selalu berdoa kepada Allah SWT biar terus diberi kesempatan untuk menulis diblog gw ini. Dan juga sebelumnya gw ngucapin met menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalaninya.

Ok, posting gw kali ini berisi tentang tips dalam menjalani ibadah puasa. Tapi sepertinya masih ada yang aneh dengan judul diatas. Biasanya kalo ada tips pasti ada triknya juga kan. Untuk kali ini judul kata itu gw pisah. Kenapa? Namanya juga bulan puasa mana ada triknya, masa gw ngasih trik cara makan disaat lagi menjalani puasa biar ga’ ketauan sama Allah. Alalalalah….gw bisa dimasukin dalam neraka kalo ngasih tau cara kayak gitu.

Semuakan pasti tau kita perlu persiapan dalam menghadapi ibadah puasa, baik dari kesiapan fisik jg dibutuhkan kesiapan mental spiritual. Pertama – tama gw ngasih tips sehat dalam berpuasa aja dulu.

Kadang kita selalu melupakan kesehatan saat menjalani ibadah puasa yang dilakukan tanpa sadar. Akibatnya berat badan bukannya turun gara” puasa malah jadi over weight. Makanya jangan cuma asal puasa aja. Baca ni baek2 tips dari sang ahli kebidanan ehh…salah ahli ngibulin orang ini!!!

Berbukalah tepat pada waktunya. Tapi tips ini jarang ada yang lupa, gimana mau lupa kalo semua orang kelaparan habis puasa. Hehehe…
Pada saat berbuka puasa mulailah dengan makanan yang manis biar mukanya tambah manis gitu. Ya ngak lah, itu berguna untuk menormalkan kadar gula dalam tubuh.
Makanlah secara bertahap jangan rakus kayak orang ga’ pernah makan selama setaon, itu karena lambung membutuhkan ruang agar dapat mencerna makanan.
Makanlah makanan yang bergizi yang berguna untuk menjaga kesehatan dalam berpuasa.
Konsumsi banyak air, karena tubuh rentan kekurangan cairan dari pada makanan. Makanya jangan cuma makan aja, minum donk….
Biasakan makan sahur dengan makanan yang seimbang, seperti protein, kabohidrat, dan juga sayur – sayuran dan buah – buahan.
Jalankan aktifitas seperti biasanya aja karena hal itu juga dapat menjaga kesehatan tubuh. So, jangan banyak berdiam dirumah dan tidur – tiduran sambil ngorok aja, mentang – mentang puasa. Jalankan aktifitas seperti biasa aja tapi ada pengecualian untuk kegiatan maen bola. Hmmm…

Diatas sudah dibahas mengenai tips sehat dalam berpuasa, dan yang berikutnya kita tampilnya tips persiapan mental spiritual ( kesiapan iman ) dalam berpuasa. Dan menurut gw ini sama pentingnya dalam menjaga kesehatan fisik saat berpuasa dalam bulan ramadhan. Ini juga merupakan jalan dalam membersihkan jiwa didunia ini.

1. Banyak mengingat Allah dalam hati dan lisan
2. Membaca Al – Qur’an dan kandungannya.
3. Menyantuni anak fakir miskin dan yatim piatu.
4. Cobalah mengingat bahwa kita hidup hanya sesaat.
5. Senantiasa intropeksi dan mengevaluasi diri.

Itu beberapa tips yang bisa saya berikan semoga dapat bermanfaat bagi temen” semua. Marilah kita ucapkan: "Marhaban Ya Ramadhan" (Selamat datang bulan Ramdhan) sembari bersiap diri baik secara fisik dan juga mental spritual. Mudah-mudahan kita masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk hidup dan menjalani kegiatan kita sepeti biasa.Amin.

0 comments: