4 Sehat 5 Sempurna 6 Tertawa

Written By Teguh Fila on Monday, November 12, 2007 | Monday, November 12, 2007


Gw mau bilang jujur, hari ini gw banyak ketawa bareng sama temen” di kost jg di kampus, cerita” tentang masa lalu yang konyol abisss. Habis itu di malam harinya langsung gw ngerasa badan sama pikiran gw lebih enak dan masalah” gw seperti terlupakan. Tapi itulah yang menyebabkan kenapa gw nulis ini. Selain melanjutkan tulisan gw beberapa hari yang lalu tentang emosi.

Ketawa merupakan bagian penting dalam kegiatan kita untuk menyehatkan tubuh dan memberikan efek yang menguntungkan bagi kita. kenapa gw menyebutnya kayak gitu? Pada tahun 1987, Rosemary Cogan psikolog dari Texas Tech membuat sebuah penelitian khusus mengenai korelasi di antara ketawa dan toleransi manusia terhadap rasa sakit. Hasilnya menakjubkanbanget man!!! mereka yang diberi treatment yang menghasilkan efek “tertawa” ternyata menunjukkan toleransi yang lebih besar terhadap rasa sakit. Kesimpulan akhirnya: Tertawa itu punya efek “pain reliever”(penghilang rasa sakit).

Bukan hanya itu saja, masih banyak efek” laen yang bisa kita dapatkan, seperti:

  1. Obat stress yang mujarab.

Tertawa menghilangkan rasa cemas, bingung, sedih, dan gelisah. Stres pun dapat ditanggulangi. Maka, tak ada salahnya bila setiap rumah sakit menerapkan program humor. Tentu, tanpa harus mengabaikan prosedur standar medis.

  1. Meningkatkan sistem imunitas.

Manfaat praktis dari penelitian Dolau ini adalah, bila seseorang dapat tertawa selama 15 menit sehari, ia dapat terhindar dari serangan sakit kepala. Tekanan darahnya bahkan bisa turun 10 -20 poin! Tidak hanya itu, denyut nadi yang terlalu cepat pun cenderung turun. Cara kerjanya mungkin berkaitan dengan lebih banyaknya udara masuk ke paru-paru, sehingga dengan sendirinya oksigen akan melapangkan kepala.

  1. Psikoterapi yang handal.

Richard Belson beranggapan, bila menggunakan humor dalam diskusi psikoterapi pribadi, sebagian pasien akan tertolong untuk pulih lebib cepat dari gangguan emosional seperti depresi, percekcokan suami-istri, dan sebagainya

Sebenarnya masih banyak lagi efek” tertawa yang bisa kita dapatkan. Namun apa daya sang penulis uda capek tadi siang tertawa terus. So, gw cuma bisa ngasih saran, bagi pembaca sering” lah tertawa karena tertawa itu sehat dan menyehatkan. Dan dukunglah terus kegiatan “Tertawa bersama Tukul setiap hari”.Wua…ha…ha…ha….

0 comments: